COMPANY PROFILE SHANGRI-LA HOTEL SURABAYA

 

Sejarah Singkat Shangri-La Hotel Surabaya

       Hotel Shangri-La  Surabaya merupakan salah satu hotel terbesar di Surabaya.Hotel ini berada di bawah naungan perusahaan besar yang bernama Shangri-La Internasional,yaitu bagian dari kelompok usaha milik Kuok Brother Company.Pada tahun 1971 Kuok Group mendirikan perusahaan yang bergerak dalam bidang perhotelan yang di namakan Kuok Hotel.Berawal hanya dari 5 properti yang di miliki Singapura,Malaysia, dan Fiji dan kini usaha tersebut berkembang pesat dan menjadi salah satu hotel bintang lima yang terkenal di dunia.

Pada tahun 1983, perusahaan berkembang pesat dan mengubah namanya menjadi Shangri-La Internasional yaitu sebuah nama yang di ambil dari sebuah novel karya James Tillton yang berjudul Lost Horizon, yang kurang lebih artinya adalah surga, nirwana atau paradise.

Legend of Shangri-La : “He Left extra ardinary serse of physical mental sentlement, it was perfectly true he just liked being of Shangri-La” yang pada intinya bercerita tentang  :

  1. Elegensi yang tak lekang dimakan waktu ( Timeless Elegance )
  2. Ketenangan dan Kesentosaan ( Tranquilty )
  3. Pelayanan yang ramah dan menyenangkan ( Gracious Service )
  4. Ketenangan dan kenikmatan hidup ( Comfort )

Berawal dari tujuan kelompok usaha tersebut yaitu memberikan akomodasi yang mewah dan di sertai dengan standart pelayanan yang istimewa,selanjutnya filosofi yang di anut “ Shangri-La Hospitality from carina family “ yang berarti Shangri-La memberikan pelayanan bagi orang-orang yang peduli.Kelompok usaha ini, kini mengelola hotel di kota-kota besar serta di daerah-daerah wisata di kawasan asia pasifik.Hotel-hotel tersebut senantiasa berusaha mewujudkan suasana tenang dan harmonis dengan sarana akomodasi yang lengkap dan fasilitas yang memadai.Saat ini perusahaan Shangri-La Internasinal ini telah memiliki 66 cabang, yaitu :

-          China

-          Malaysia

-          Filipina

-          Singapura

-          Thailand

-          Hongkong

-          United Emirat Arab

-          Indonesia

-          India

-          Myanmar

-          Taiwan

-          Canada

-          Australia

-          Jepang

-          Turki

-          Maldives

Di Indonesia Shangri-La Group memiliki 2 tempat, yaitu :

-          S hangri-La hotel Jakarta ( 668 ) kamar

-          Shangri-La hotel Surabaya ( 385 ) kamar

Shangri-La hotel pertama kali di Indonesia di bangun di Jakarta tepatnya pada tahun 1991 ketika Pt. Sinar Galaxy berusaha untuk memperluas jaringan usahanya di bidang perhotelan.Sedangkan Shangri-La hotel Surabaya sebagai anak perusahaan dari Shangri-La Internasional tentunya mempunyai standart yang tidak berbeda dengan hotel-hotel yang berada dibawah sayap Shangri-La Internasional.Shangri-La memilih kota Surabaya karena kota ini merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta sebagai ibu kota terbesar di Indonesia.Surabaya banyak di kunjungi traveler baik domestic maupun luar negeri urusan bisnis atau rekreasi.

Grand opening Shngri-La hotel Surabaya di resmikan pada tanggal 11 Januari 1995 oleh Jendral Manager Mr. Bensom T.S Puas.Di bangun atas kerja sama dengan mitra local seperti galaxy group dengan menggunakan bendera Usaha PT. Sariputra Permai.Bangunannya di rancang oleh seorang arsitek bernama Chao Tee Ann,sedangkan interiornya oleh Dennis Ready Design Consultans.Shangri-La hotel Surabaya merupakan ketiga dalam jaringan Shngri-La Group dan juga hotel ke-29 yang di operasikan jaringan Shangri-La Internasional.

Hotel Shangri-La Surabaya sebagaianak perusahaan dari Shangri-La Internasional mempunyai standart yang tidak jauh berbeda dengan hotel-hotel lain yang bernaungan dibawah Shangri-La Internasional yang memiliki :

-          Visi Shangri-la Hotel Surabaya

Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.

Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-citamasadepan.

Jadi dapat disimpulakan bahwa visi adalah cita – cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Ini semua tertuang dalam visi Shangri-la Hotel” To be the first choice for guests, colleagues, shareholders and business partners” yaitu menjadi pilihan pertama bagi para tamu, karyawan, pemegang saham, mitra kerja dalam jangka panjang. . Maksud dari dari visi adalah:

a.Memiliki para pelanggan setia yang membuat kita menjadi pilihan   pertama mareka.

b. Menjadi pemimpin pasar sebagai tujuan kita dimana saja kita menjalankan usaha.

c. Memperkuat nama/ merk kita untuk membangun landasan yang kokoh guna mengembangkan usaha kita dan terus menerus  memperoleh para pelanggan baru dan para investor.

d. Merekrut dan mempertahankan orang-orang terbaik yang bermotivasi untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan.

e. Mencapai laba dan penghargaan di industri.

  1. Meraih kesuksesan financial untuk mendapatkan kesetiaan dari  para pemegang saham dan para mitra usaha kita.

 

-          Misi Shangri-La Hotel Surabaya

Di dalam misi adalah produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut. Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan. Pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya. Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi seperti tertuang dalam misinya Shangri-la” To delight our guests every time by creating engaging experience straight from our hearts” yang memiliki arti membahagiakan para tamu setiap saat dengan memberikan perhatikan langsung secara tulus yang keluar dari hati kita. Maksud dari misi ini adalah:

  1. Membahagiakan pelanggan kita dan mendapatkan kesetiaan mereka melalui pengenalan pribadi, pengantisipasiaan kebutuhan, fleksibilitas, dan proses perbaikan.
  2. Melampaui  harapan para pelanggan melalui pemberian kualitas dan nilai produk-produk serta pelayanan kita secara konsisten.
  3. Menjadi panutan dalam bidang pemberian jasa atau pelayanan.
  4. Memenuhi pemberian janji, nama atau merek yang diwakili oleh Shangri-La.
  5. Memberi perhatian setiap tamu secara tulus.
  6. Menganggap tamu adalah keluaga kita.

 

Secara khusus hotel Shangri-La Surabaya memiliki kategori sebagai berikut :

  1. Sebagai City hotel berbintang 5
  2. Menggunakan system continental plan
  3. Termasuk dalam hotel residentil / memiliki sesidence room.
  4. Menggunakan system full time operation 24 our non stop.

Kehadiran Shangri-La mampu menyerap sedikitnya 600 karyawan dengan mempekerjakan 10 tenaga orang asing dan juga 4 orang lainnya yang berbeda pada posisi top management.

Demi memenuhi kewajiban management hotel Shangri-La Surabaya memusatkan pada lima di siplin, yaitu : Development, marketing, personal, and training, operasional and finance.Dengan menerapkan kelima di siplin tersebut hotel ini mampu menyandang predikat hotel terbaik di wilayah Surabaya dan juga kawasan Indonesia timur.

Fasilitas yang Dimiliki Shangri-La Hotel Surabaya

       Sebagai salah satu hotel berbintamg lima yang terkemuka di Jawa Timur,hotel Shangri-La Surabaya menyediakan  salah satu hotel berbintamg lima yang terkemuka di Jawa Timur,hotel Shangri-La Surabaya menyediakan berbagai fasilitas guna memuaskan dan memenuhi kebutuhan para customer.Fasilitas-fasilitas tersebut, meliputi :

1. Convention Room

     Ruangan ini dapat di gunakan oleh tamu untuk berbagai acara,misalnya : seminar, rapat, pesta, dan lain-lain.Lokasi ruang serba guna Shangri-La ini berada di lantai 1,2 dan 3.Setiap lantai mempunyai ruang serba guna yang berbeda, yakni :

a.  Shangri-La Ballroom

Sebuah ruangan besar untuk resepsi pernikahan atau launching product dengan kapasitas 4000 orang.Ballroom ini di bagi menjadi tiga ruangan serba guna ( A,B dan C ) dan di ruangan ini pula di lengkapi dengan audio visual, lighting yang menarik dan portable stage.

b.  Nirwana

Ruangan ini terletak di lantai dua serta bisa di gunakan untuk acara resepsi, banquet dan classroom teater.Ruangan ini bias memuat sekitar 230 orang untuk acara resepsi,banquet 140 orang, dan classroom theater mempunyai kapasitas 130 orang.Di Nirwana ini juga di bagi menjadi 3 ruangan, yaitu : Nirwana 1,2 dan 3.

c.  Pelangi

Ruangan serba guna ini berada di lantai dua dekat Nirwana.Kapasitas ruangan pelangi lebih besar dari Nirwana.Pelangi di bagi menjadi 3 ruangan yaitu : Pelangi 1,2 dan 3.

d.  Kalimantan,Madura dan Sulawesi

Ruangan ini terletak di lantai tiga dan biasanya di gunakan untuk seminar / meeting.

2.  Guest Room Features

Hotel Shangri-La Surabaya terdiri dari 17 lantai dengan 385 kamar yang terdiri dari :

103 deluxe twin,141 deluxe king ( termasuk 2 handicapped rooms ), 15 executive twin, 32 executive king, 14 horizon deluxe twin, 51 horizon deluxe king, 11 horizon executive king, 5 horizon suite, 5 junior suite, 6 resident suite, 1 Bali suite, 1 Surabaya suite.

3.  Dining

     Hotel Shangri-La Surabaya berusaha memanjakan dan memberikan kenyamanan kepada para tamunya dengan memberikan berbagai macam pilihan menu special yang berasal dari berbagai Negara.Oleh karena itu, restoran yang ada di kelompokkan seperti dalam table berikut ini :

Tabel 4. Jenis-jenis Restoran dan operasional

Di hotel Shangri-La Surabaya.

 

 

Nama Restoran

Cuisine

Lokasi

Jam Buka

Shang Palace

Chinese

Level 1

11.00-15.00

18.00-22.00

Jamoo

Continental/

Asian

Level 1

06.00-24.00

Portofino

Italian

Level 2

11.30-14.30

18.00-23.00

Nishimura

Japanese with Teppayaki Sushi/Sashimi Yakiniku

Level 2

11.30-15.00

18.00-23.00

Desparados

Tex Mex / Fun Pub

Level 1

17.00-02-00

 

Lobby Lounge

Snack & Beverage

Level 2

07.00-24.00

Snaken Bar/ Pool Bar

Snack & Beverage

Level 1

06.00-22.00

 

Shang Palace Restaurant adalah Restoran yang mewah dan megah dengan desain interior yang klasik layaknya Istana China merupakan maha karya seni tinggi, yang menyajikan menu masakan Chanton Tradisional.

Jamoo Restaurant adalah Restoran berciri khas Indonesia, unik dan pertama di Indonesia. Dulu restoran ini bernama Coffe Garden lalu berganti nama menjadi Jamoo dan sedikit melakukan perubahan dengan menyajikan masakan yang dapat disaksikan langsung atau live oleh para tamu, seperti live Sushi & Sashimi, live BBQ, live Ice Cream, Teppayaki, menyajikan menu a’la carte dengan Internasional menu.  Disini tamu dan pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman dengan di lengkapi suasana dan pemandangan renang didepannya. Grand Opening Jamoo yaitu pada tanggal 1 April 2006. Di terrace para tamu dapat menikmati light meals dengan berbagai minuman menyegarkan dengan disejukkan oleh circling overhead fans disepanjang tepi The Lagoon Pool dan Sunken Pool Bar.

Sedangkan di Portofino Restaurant menyediakan berbagai masakan Italia yang lezat dengan desain interior rumah pedesaan di daratan Italia yang khas dengan cat trompe d’oiel dan lantai kayu yang senantiasa mengkilat. Portofino merupakan satu-satunya restoran italia yang menggunakan pizza oven tradisional dengan bahan bakar batu bara.

 

 

 

Nishimura Restaurant memberikan suasana khas jepang dengan berbagai macam masakan tradisional yang tak pernah lekang dimakan jaman untuk selalu dinikmati tamu yang dilengkapi dengan sushi counter, trppayaki grill, meja panggang yakiniku dan meja untuk menu a`la carte.

Bila tamu menginginkan untuk bersantai sambil mendengarkan live music yang dibawakan oleh group-group band asal luar negeri, maka Desparado’s adalah tempat yang tepat. Desparado’s adalah night club milik hotel Shangri-la Surabaya yangnlebih di kenal dengan sebutan Despa. Dalam klub ini para tamu dapat menikmati berbagai macam menu masakan khas dan suasana ala Mexico. Pengujung dapat bersenang-senang di dalamnya dengan diiringi hargar binger music oleh band atau bintang tamu. Selain itu tamu-tamu juga disuguhi berbagai macam minuman, baik yang beralkohol maupun yang nonalkhol.

Horizon Longue terletak di lantai 11 dan 12 dengan kamar berjumlah 55 kamar. Horizon Longue berlokasi di lantai 12 Proses, keuntungan dari Horizon Longue ini adalah :

  1.  Registrasi dan check out  yang disiapkan lebih awal dengan proses pembayaran yang lebih cepat.
  2. Ruangan khusus dengan hidangan Cuma-Cuma terdiri dari makan pagi. Minum teh di sore hari,    cocktail, dan canapé.
  3.  Mendapatkan fasilitas  Health Club.
  4.  Pelayanan concierge ( menyimpan dan mengantar barang tamu ke kamar )
  5.  Layanan internet .

4) Recreation                                                                                                                 

Fasilitas yang berhubungan aktivitas permainan, olah raga, kesehatan, dan lain.lain di antara sebagai berikut :

Table 5. fasilitas hotel dan jam buka

NO Fasilitas Hotel Jam Buka
1. Children’s pool, fitness center, Jacuzzi, massage, Outdoor swimming pool, Sauna, and Tennis court 06.00-22.00
2. Golf Court 08.00-18.00
3. Aaerobic Dance Studio 10.00-16.00

Selain itu disediakan pula kemudahan serta pelayanan yang lain, seperti :  Baby Sitting Care, 24 Hours Room Service, Butter service in Suites, Car Rental Service, Medical Clinic,Complimentary Shoe Shine, Save Deposite Box, drugstore or Minimart, Facilies for HandicappedFlorist, Gift Shop, Hair Beauty Salon, IDD phone, in Room Internet, laudry Service, Non Smoking Room, Parking Facilities, Pastry Shop, Postal Parcel, Mousque dan Taxi or Limousine Service.

5. Bussiness Center

Business Center ini terletak di lantai tiga dan merupakan pusat bisnis. Tempat ini menyediakan beraneka ragam layanan jasa dan sarana bisnis yang dapat memudahkan tamu, antara lain pelayanan mengirim faks sampai internet, dan juga menyediakan jasa mengetik serta menerjemahkan bahasa asing. Di tempat ini buka pukul 07.00 s/d 23.00 WIB, untuk hari senin s/d jum`at, sedangkan hari sabtu dan minggu buka pukul 08.00 s/d 22.00 WIB.

 

6.  Health Club & Spa

 

Berada di lantai tiga juga bersebelahan dengan Sulawesi Room. Health Club ini digunakan sebagai sarana rekreasi sekaligus pusat kebugaran tubuh dengan sarana yang lengkap dan  Modern seperti sauna, Stream Kith Massage, Spa ( lampiran 2 ), Swimming Pool, gymnasium dan jaguzzi. Untuk kegiatan Out door disediakan tiga lapangan dan sebuah kolam renang. Health Club ini buka setiap hari pukul 06.00 s/d 22.00 WIB.

7.  Beauty Salon ( Tenant )

            Salon kecantikan ini tidak hanya buka untuk tamu hotel tapi juga untuk tamu di luar hotel. Salon ini mempunyai fasilitas lengkap untuk pria dan wanita, dan buka setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 20.00 WIB

8. Drugstore Gallery

Menyediakan berbagai macam keperluan untuk para tamu seperti buku, majalah, obat-obatan dan souvenir.  Drug store  ini berada di lantai dua dekat Nishimura Restaurant dan buka pukul 07.00 s/d 22.00 WIB.

9.  Golden Circle

Golden Circle adalah program, penghargaan yang diberikan kepada tamu atas kesetiaannya terhadap Hotel Shangri-La. Golden Circle ini di buat untuk memberikan nilai lebih setiap kali tamu tinggal di setiap hotel terbaik di Asia Pasifik. Program Golden Circle ini mempunyai 3 tingkatan keanggotaan. Tiga tingkatan ini adalah klasik, eksekutif dan elit. Semua tingkatan ini diberikan hak istimewa setiap kali menginap di Hotel Shangri-La atau Hotel yang mempunyai kerjasama sebagai anggota  Golden Circle dan satu kebanyakan pengunjung yang penting. Kita akan menikmati suatu rangkaian keuntungan yang lebih dan mempunyai keistimewaan tersendiri. Pilihan pribadi kita akan selalu teringat dan tercemin dalam setiap aspek dari keramah tamahan Hotel Shangri-La.

Program detail Golden Circle, antara lain :

  1. Suite up Grade, sebuah kamar yang nyaman dan luas hanya US $ 25 ke atas per malam.
  2. Complementary Breakfast ( makan pagi Cuma-Cuma ) sebuah awal yang sempurna setiap paginya di Shangri-La.
  3. Designated Members Floor, akomodasi eksklusif deluxe hanya untuk anggota saja .
  4. Freguent Flayer Milliege, dengan program penerbangan favorit anda ditambah di semua keuntungan Golden Circle anda.
  5. Private Check In and Check Out dengan pre-registrasi kita yang efisien check in dan check out.
  6. Spousy Stay Free, satu harga dengan hunian lain.
  7. Local Telephone Call/Calling Card Access, tidak dikenakan biaya untuk semua telpon local atau akses kartu telepon.
  8. Credit Card Cash Adcance, di atas US $ 250 mata uang local setiap tinggal biaya dan komisi.
  9. Spesial Room Rate, Golden Circle memilih harga di setiap Hotel resto.
  10. Subjek tersedia pada saat check in.
  11. Harga memenuhi syarat untuk tinggal dengan hanya ikut serta penerbangan.

 

Selain fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh hotel seperti yang telah dijelaskan di atas, hotel Shangrila-La juga menyediakan akomodasi bagi para staff, karyawan, trainee, dan casual hotel, diantaranya :

  1. 1.      Klinik

Setiap peserta trainee berhak untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dan pengobatan yang sifatnya sementara. Dalam hal ini kecelakaan pada saat bekerja.

 

  1. 2.      Meal

Dalam 8 jam kerja ada 1 jam  untuk istirahat di antaranya digunakan untuk makan. Dalam pengambilan makan kita dibekali cupon meal untuk diberikan tanda bawa pada 1 kali shift  kerja kita sudah makan. Dalam Horizon café terdapat shift buka yaitu :

-          Luch          ( 11.00-14.00 )

-          Dinner       ( 17.00-20.00 )

-          Supper       ( 01.00-03.00 )

 

  1. 3.      Uniform Trainee

Para trainee juga berhak mendapatkan pinjaman uniform untuk bekerja. Uniform disesuaikan dengan dimana trainee in carge.

 

  1. 4.      Loker

Para trainee juga di pinjami loker untuk menempatkan barang bawaan yang tidak perlu dibawa saat bekerja. Dalam peminjaman ini pertama kita wajib untuk membayar down payment sebesar Rp. 50.000.- ( 1 loker ) sebagai  jaminan kalau misalkan kita merusakkan loker  uang tidak kembali. Ada juga yang menggunakan 1 loker untuk berdua.

 

  1. 5.      GYM

Fasilitas kesehatan yang disediakan oleh pihak hotel untuk berolah raga baik untuk trainee maupun staff.

 

  1. 6.      English Training

Tempat dimana para trainee maupun staff mengasah kemampuan bahasa inggrisnya.

 

  1. 7.      Learning Center

Tempat untuk membaca bagi yang hobby membaca dan ada internet untuk yang hobby berinternet ria. Dalam menggunakan internet para trainee dipasang tariff Rp. 4.000,-/jam.

 

  1. 8.      Parking Area

Area parkir untuk karyawan, casual, maupun training yang sangat luas.

 

 

 

By fanyfenya93

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s